Ikhtiar FUSA Menuju Arah Baru Penelitian dan Bimbingan Skripsi Mahasiswa

Metodologi merupakan salah satu bagian terpenting yang harus terus dikembangkan dalam pelaksanaan penelitian dan menyusunan tugas akhir mahasiswa. Metodologi yang dikembangkan harus mampu menjadi sarana fungsional akademik dalam menemukan novelty dalam penelitian. Melihat pentingnya hal tersebut, Faktultas ushuluddin dan studi agama UIN Mataram menyelenggarakan Tadarus Pembimbing Skripsi Fak. Ushuludin dan Studi Agama Tahun 2022 dengan tema “Arah Baru Penelitian dan Bimbingan Skripsi Mahasiswa” pada Sabtu tanggal 26 Maret 2022 di Hotel Lombok Raya Mataram.

Dalam sambutannya, Dekan Fak. Ushuluddin dan Studi Agama mengingatkan bahwa dalam membimbing skripsi, profesionalitas dan nilai-nilai akademik harus tetap dikedepankan, tetapi dalam proses bimbingan diharapkan bersikap humanis, bijaksana dan komunikatif.

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor II Prof. Dr. H. M. Zaki, M.Pd. Beliau mengingatkan bahwa pedoman penyusunan skripsi harus bersifat operasional, meskipun mungkin hanya beberapa lembar saja. Semua aktivitas dan kegiatan akademik harus memiliki SOP yang jelas dan dipahami oleh segenap civitas akademika sehingga goal yang diharapkan dapat dicapai dengan lebih maksimal.

Kegiatan Tadarus Pembimbing Skripsi dihadiri oleh 40 Dosen Tetap Fak. Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram, diselenggarakan dalam tiga sesi diskusi.

Pertama, diskusi metode kualitatif dan kuantitatif, narasumber Drs. Aris Doyan, Ph.D. Sesi kedua mengenai arah penelitian skripsi mahasiswa dengan narasumber Prof. Dr. Suprapto, M.Ag., dan terakhir diskusi penyatuan format dan teknis penyusunan skripsi mahasiswa FUSA UIN Mataram.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *