Tingkatkan Kualitas Akademik, FUSA UIN Mataram Adakan Workshop Penyusunan Kurikulum MBKM

Mataram. Bertempat di Hotel Grand Legi Mataram (12/03) Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram menyelenggarakan Workshop penyusunan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan tema Rekontruksi Kurikulum Program Studi . Adapun peserta workshop terdiri dari unsur pimpinan di Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Stakeholder, Tim Kurikulum Prodi Pemikiran Politik Islam, Sosiologi Agama dan Ilmu Al qur’an dan Tafsir dan Alumni Prodi.

Acara ini dibuka oleh Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M.Ag., beliau berharap acara ini dijalankan dengan serius sehingga menghasilkan output yang selaras dengan program pemerintah merdeka belajar kampus merdeka. Senada dengan Rektor UIN Mataram, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Dr., H Lukman Hakim, M.Pd., berharap dengan adanya workshop ini masing-masing Prodi bisa merumuskan kurikulum sesuai dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Pada kegiatan ini Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama menghadirkan Dr. Wildan, M.Pd, (Dosen UIN Mataram) dan Dr., Edi Erianto, M.Ed. (Dosen Universitas Mataram) sebagai Narasumber sekaligus pendamping teknis penyusunan kurikulum program studi. Selain itu dihadirkan juga Stakeholder dan alumni prodi yang banyak memberikan masukan dan pengetahuan teknis mengenai poin-poin menuju kurikulum merdeka belajar kampus merdeka terutama terkait matriks mata kuliah.

Dalam kesempatan ini masing-masing Prodi (Pemikiran Politik Islam, Sosiologi agama dan Ilmu Qur’an dan Tafsir) diminta oleh narasumber untuk memaparkan identitas Program Studi, setelah menyimak pemaparan oleh masing-masing Program Studi Dr., Edi Erianto, M.Ed., sebagai narasumber memberikan catatan penting antara lain: Kepastian nomenklatur nama program studi, penyesuaian Visi Misi Prodi, penyusunan profil prodi yang menarik, dan profil lulusan yang memiliki nilai jual di dunia kerja.

Dari kegiatan ini jajaran pimpinan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama menyarankan kepada seluruh tim penyusun kurikulum agar segera menyusun kelengkapan yang diminta oleh narasumber sehingga kurikulum prodi sesuai dengan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Visi Misi Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama. Oleh karena itu, dalam workshop ini para Ketua Program Studi dan tim penyusun kurikulum mempelajari dengan seksama sehingga di tahun ajaran baru 2022/2023 kurikulum bisa diterapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *