Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama http://fusa.uinmataram.ac.id Cendekia, Terbuka, Untuk Keunggulan Tue, 02 Jul 2019 15:17:56 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.2 https://i1.wp.com/fusa.uinmataram.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/cropped-logo-uin-mataram-copy-KECIL.jpg?fit=32%2C32 Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama http://fusa.uinmataram.ac.id 32 32 160176849 Prodi PPI UIN Mataram Gelar Seminar International http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/07/01/prodi-ppi-uin-mataram-gelar-seminar-international/ http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/07/01/prodi-ppi-uin-mataram-gelar-seminar-international/#comments Mon, 01 Jul 2019 15:15:19 +0000 http://fusa.uinmataram.ac.id/?p=936 Jum’at 28 Juni 2019, Prodi Pemikiran Politik Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram menyelenggarakan Seminar International di ruang sidang Rektorat. Seminar International kali ini menghadirkan keynote speaker dari Negara paman sam Amerika Serikat, Prof. Pieternella Van Doorn Harder, dari Wake Forest University USA. Seminar yang mengangkat tema Religion and Politics in Indonesia andBaca selengkapnya tentangProdi PPI UIN Mataram Gelar Seminar International[...]

The post Prodi PPI UIN Mataram Gelar Seminar International appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>

Jum’at 28 Juni 2019, Prodi Pemikiran Politik Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram menyelenggarakan Seminar International di ruang sidang Rektorat. Seminar International kali ini menghadirkan keynote speaker dari Negara paman sam Amerika Serikat, Prof. Pieternella Van Doorn Harder, dari Wake Forest University USA. Seminar yang mengangkat tema Religion and Politics in Indonesia and the US, a Comparative Perspective, ini dihadiri hampir seratusan peserta yang barasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Acara bergengsi tersebut banyak dihadiri oleh pejabat teras kampus dan fakultas, hadir diantaranya Wakil Rektor Tiga UIN Mataram, mewakili rektor yang kebetulan berhalangan hadir karena sedang tugas luar daerah, Dr. Nurul Yakin, M.Pd, selaku Wakil Rektor dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan, bahwa acara-acara seminar dan symposium semacam ini sangat didukung penuh untuk terus dilaksanakan, selain strategis sebagai wadah dialektika interaksi keilmuan dengan dunia internasional yang membuat bisa berbagai pandangan secara akademis juga forum semacam ini dapat menjadi wadah strategis untuk membangun networking intenational untuk kerjasama riset dan pertukaran mahasiswa. Oleh sebab itu, beliau berharap semua pesarta yang hadir dapat mengikuti kegiatan dengan baik, terutama bagi para dosen UIN Mataram yang menjadi peserta seminar saat itu. Dalam kesempatan tersebut juga hadir, Wakil Dekan dan Ketua Prodi PPI menjadi peserta sekaligus mendampingi Wakil Rektor dalam membuka acara.

Harapan yang sama, juga disampaikan oleh Dr. Abdul Fattah, M,Fil, sekaligus wakil dekan satu dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa acara seperti ini akan terus dilakukan kedepan untuk memperkuat budaya akademik dan interaksi dengan dunia internasional, sehingga wacana keilmuan yang dimiliki oleh dosen dan mahasiswa menjadi berwawasan dan berorientasi global. Selain itu, acara ini juga urgen dalam rangka memperkuat kemampuan bahasa asing bagi semua civitas akademik di fakultas dan jurusan, tandasnya.

Lebih lanjut pada kesempatan tersebut, keynote speaker yang juga pakar sosiolog tersebut menyampaikan bebrapa entry point yang menjadi catatan untuk dapat diperhatikan atau dikaji lebih mendalam. Diantaranya tidak selamanya Amerika Serikat dapat menjadi poros dan wajah ideal demokrasi di dunia saat ini. Ia menilai demokrasi mulai menurun disana dengan berbagai indikator penilaian, terutama pada masa era pemerintahan Presiden Donal Trump. Lebih lanjut, masalah tersebut ia istilahkan sebagai, “Democratic Erosion”. Sembari menyayangkan hal tersebut, ia juga menyinggung intervensi golongan Kristen Konservatif di pemerintahan Presiden Donal Trump yang terkadang sangat mempengaruhi beberapa kebijakan dalam pemerintahannya, diantaranya misalnya dalam kebijakan mengenai asuransi kesehatan yang dinilai mahal dan membebankan masyarakat disana. Sehingga hal ini dapat kita nilai sebagai upaya dalam melanggengkan Praktik oligarki otokrasi, lebih jauh hal tersebut dalam tataran implementatif kemudian dinggap juga sebagai bagian dari bentuk kekacauan pelayanan publik, sehingga pada akhirnya nanti bisa berdampak paling parah pada kemungkinan berubahnya sistem pemilihan presiden “Electoral Collage”, tandasanya. (Ih).

The post Prodi PPI UIN Mataram Gelar Seminar International appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>
http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/07/01/prodi-ppi-uin-mataram-gelar-seminar-international/feed/ 2 936
Pelantikan Bersama, Senat Mahasiswa Dan Dewan Eksekutif Mahasiswa tahun 2019 berjalan sukses http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/06/28/pelantikan-bersama-senat-mahasiswa-dan-dewan-eksekutif-mahasiswa-tahun-2019-berjalan-sukses/ http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/06/28/pelantikan-bersama-senat-mahasiswa-dan-dewan-eksekutif-mahasiswa-tahun-2019-berjalan-sukses/#respond Fri, 28 Jun 2019 16:05:54 +0000 http://fusa.uinmataram.ac.id/?p=929 Pengurus Senat Mahasiswa (SEMA) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Mataram, pada hari ini Jum’at tanggal 28 Juni 2019 jam 07:30 menyelenggarakan pelantikan bersama di Aula STIKES Yarsi. Saat acara pelantikan dihadiri oleh Wakil Dekan III FUSA Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. S Ali Jadid Al-Idrus M.Pd, KabagBaca selengkapnya tentangPelantikan Bersama, Senat Mahasiswa Dan Dewan Eksekutif Mahasiswa tahun 2019 berjalan sukses[...]

The post Pelantikan Bersama, Senat Mahasiswa Dan Dewan Eksekutif Mahasiswa tahun 2019 berjalan sukses appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>

Pengurus Senat Mahasiswa (SEMA) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Mataram, pada hari ini Jum’at tanggal 28 Juni 2019 jam 07:30 menyelenggarakan pelantikan bersama di Aula STIKES Yarsi.

Saat acara pelantikan dihadiri oleh Wakil Dekan III FUSA Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. S Ali Jadid Al-Idrus M.Pd, Kabag Tata Usaha Drs.H. Abdullah, Kasubbag Akademik, kemahasiswaan dan Alumni Andry Winarto, S.Kom, Senat Mahasiswa Universitas dan wakil Presiden Mahasiswa Universitas Islam Negeri Mataram. Tidak hanya itu saja,namun pada pelantikan tahun ini dihadiri juga oleh ketua SEMA Fakultas Tarbiah dan Keguruan, Ketua SEMA Ekonomi dan Bisnis Islam, Ketua SEMA Fakultas Syariah, Ketua SEMA Fakultas Dakwah dan Komunikasi, serta perwakilan mahasiswa dari jurusan lain.

Ketua Senat Mahasiswa FUSA (Indra Jayadi) dalam sambutannya menyampaikan “menjadi generasi cerdas dan pemuda yang disebut kreatif adalah mahasiswa yang tidak terlalu banyak berteori namun harus banyak gerak dan aksi nyata”. Melanjutkan sambutan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa FUSA (M. Fatizan) pada ungkapannya berkata : “perubahan akan terjadi ketika kerja sama masih ada”.

Yang paling membanggakan, ada salah satu dari mahasiswa tamu undangan menawarkan tempat tinggal khusus untuk yang mau memperdalami tahfiz qur’an di sekretariat tahfiz, “tempat ini terbuka untuk umum bagi siapa aja yang mau memperdalami Al-Qur’an semasih berstatus sebagai mahasiswa UIN mataram” imbuhnya

The post Pelantikan Bersama, Senat Mahasiswa Dan Dewan Eksekutif Mahasiswa tahun 2019 berjalan sukses appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>
http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/06/28/pelantikan-bersama-senat-mahasiswa-dan-dewan-eksekutif-mahasiswa-tahun-2019-berjalan-sukses/feed/ 0 929
PRODI PPI UIN MATARAM REVISI KURIKULUM SESUAI TUNTUTAN ZAMAN DAN PASAR KERJA YANG BERBASIS KKNI http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/06/26/prodi-ppi-uin-mataram-revisi-kurikulum-sesuai-tuntutan-zaman-dan-pasar-kerja-yang-berbasis-kkni/ http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/06/26/prodi-ppi-uin-mataram-revisi-kurikulum-sesuai-tuntutan-zaman-dan-pasar-kerja-yang-berbasis-kkni/#respond Wed, 26 Jun 2019 08:29:42 +0000 http://fusa.uinmataram.ac.id/?p=925 brosur fusa Selasa 25 Juni 2019, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram melakukan kegiatan Review dan Revisi Kurikulum  KKNI dan PTKIN, acara tersebut langung dibuka oleh rektor UIN Mataram Prof. Dr. Mutawali, M.Ag dan di hadiri oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Dr. H. M. Zaki, M.Pd beserta, Wakil Dekan I Dr. AbdulBaca selengkapnya tentangPRODI PPI UIN MATARAM REVISI KURIKULUM SESUAI TUNTUTAN ZAMAN DAN PASAR KERJA YANG BERBASIS KKNI[...]

The post PRODI PPI UIN MATARAM REVISI KURIKULUM SESUAI TUNTUTAN ZAMAN DAN PASAR KERJA YANG BERBASIS KKNI appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>
brosur fusa

Selasa 25 Juni 2019, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram melakukan kegiatan Review dan Revisi Kurikulum  KKNI dan PTKIN, acara tersebut langung dibuka oleh rektor UIN Mataram Prof. Dr. Mutawali, M.Ag dan di hadiri oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Dr. H. M. Zaki, M.Pd beserta, Wakil Dekan I Dr. Abdul Fattah, M. Fill.I. , Wakil Dekan II Dr. Maimun, M.Pd. dan Wakil Dekan III Dr. H. S. Ali Jadid Al Idrus, M.Pd. beserta Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi dan dihadiri oleh dosen Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama yang terdiri dari tiga Program Studi yaitu IQT (Ilmu Qur’an dan Tafsir), SA (Sosiologi Agama) dan PPI (Pemikiran Politik Islam).

Dalam pembukaannya Rektor UIN Mataram Prof. Dr. Mutawali, M.Ag. mengungkapkan apresiasi dan dukungannya kepada Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama hal ini dikarenakan kemampuan fakultas yang tergolong baru ini, karena fakultas yang berdiri sejak tahun 2017 dalam pengembangan pendidikan tergolong berhasil, ini terlihat dari berbagai perestasi yang diperoleh oleh mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama. Semua ini tidak terlepas dari keseriusan lembaga dan dedikasi dosen yang mengajar di fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

Pada kesempatan yang sama, dalam sambutannya Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Dr. H. M. Zaki, M.Pd mengungkapkan bahwa kegiatan semacam ini yaitu revie dan revisi kurikulum sangat penting dikarenakan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama masih relatif sangat baru dibandingkan dengan Fakultas lainnya di UIN Mataram sehingga dibutuhkan kurikulum yang relevan sesuai dengan kebutuhan zaman saat ini dan kedepannya. Oleh karena itu, Dr. H. M. Zaki, M.Pd berharap supaya pembangunan gedung fakultas baru di kampus II UIN Mataram yang terletak di Jl. Gajah Mada segera rampung dan bisa di tempati untuk kegiatan perkuliahan pada tahun 2020. Jika pada tahun 2020 gedung Fakultas Ushuluddi dan Studi Agama rampung Dr. H. M. Zaki, M.Pd. berharap peresmiannya dilakukan langsung oleh Rektor UIN Mataram Prof. Dr. Mutawali, M.Ag.

Sedangkan Wakil Dekan I Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Dr. Abdul Fattah, M. Fill.I. dalam memberikan pengantar kuriklum KKNI menyampaikan fokus rambu-rabu kurikulum yang mengacu KKNI sesuai dengan kebijakan pemerintah harus meliputi tujuh aspek, yaitu: learning outcomes, jumlah SKS, jumlah studi minimum, matakuliah wajib: untuk mencapai hasil pembelajaran dengan kompetensi umum, proses pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, akuntabilitas asesmen, dan perlunya diploma suplement (surat keterangan pendamping ijazah dan transkrip.

Pada Kesempatannya Ketua Program Studi PPI (Pemikiran Politik Islam) Agus, M.Si. menyampaikan dalam materi persentasi kurikulum berbasis KKNI, program studi PPI di desain untuk menjawab kebutuhan (market needs), sehingga nantinya profil lulusan dari PPI memiliki keahliah dalam bidang yang sesuai seperti halnya: pertama, menjadi praktisi politik islam yaitu menjadi politisi dan birokrat profesional dalam mengelola lembaga politik dan pemerintahan dengan mengintegrasikan Pemikiran Politik Islam dengan Ilmu Politik. Kedua, sebagai Analis Politik Islam yaitu mampu menggunakan teori dan ilmu politik dalam menjelaskan dinamika politik Islam. Ketiga, sebagai Asisten Peneliti Politik dan Pemerintahan yaitu mampu mendesain dan melakukan penelitian di bidang politik dan pemerintahan.

Selain itu, Agus, M.Si. menyampaikan bahwa kuliah di PPI memberikan nuansa yang berbeda dari program studi politik pada umumnya, karena melaui kurikulum berbasis KKNI mahasiswa yang belajar di Prodi PPI bisa mendapatkan sesuatu yang lebih, karena matakuliah yang diberikan sesuai dengan kebutuhan zaman (market needs) bagi lulusannya. Ini bisa dilihat dari matakuliah yang ditwarkan pada prodi PPI yaitu adanya mata kuliah-mata kuliah  yang di ajarkan di prodi politik pada umumnya dan adanya mata kuliah-mata kuliah politik islam tentunya, ini semua menjadi khazanah keilmuan yang sangat baik dan memiliki peluang yang cukup bagus untuk lulusan PPI nantinya sesuai dengan tiga profil lulusan tersebut.  (IH&VW).

The post PRODI PPI UIN MATARAM REVISI KURIKULUM SESUAI TUNTUTAN ZAMAN DAN PASAR KERJA YANG BERBASIS KKNI appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>
http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/06/26/prodi-ppi-uin-mataram-revisi-kurikulum-sesuai-tuntutan-zaman-dan-pasar-kerja-yang-berbasis-kkni/feed/ 0 925
Prodi Pemikiran Politik Islam UIN Mataram Cetak Pemikir Politik Dan Manajer Pemerintahan Profesional http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/06/23/prodi-pemikiran-politik-islam-uin-mataram-cetak-pemikir-politik-dan-manajer-pemerintahan-profesional/ http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/06/23/prodi-pemikiran-politik-islam-uin-mataram-cetak-pemikir-politik-dan-manajer-pemerintahan-profesional/#respond Sun, 23 Jun 2019 06:32:17 +0000 http://fusa.uinmataram.ac.id/?p=882 (Foto Agus, M.Si, Ketua Prodi Pemikiran Politik Islam UIN.Mataram) Mataram. Kehadiran Program Studi Pemikiran Politik Islam (PPI) mendatangkan harapan baru bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat untuk belajar banyak hal tentang politik dan pemerintahan. Dalam acara sosialisasi visi, misi dan profil lulusan, di Radio Republik Indonesia (RRI) Mataram, hari Kamis, 20 Juni 2019 yang disiarkan secaraBaca selengkapnya tentangProdi Pemikiran Politik Islam UIN Mataram Cetak Pemikir Politik Dan Manajer Pemerintahan Profesional[...]

The post Prodi Pemikiran Politik Islam UIN Mataram Cetak Pemikir Politik Dan Manajer Pemerintahan Profesional appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>

(Foto Agus, M.Si, Ketua Prodi Pemikiran Politik Islam UIN.Mataram)

Mataram. Kehadiran Program Studi Pemikiran Politik Islam (PPI) mendatangkan harapan baru bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat untuk belajar banyak hal tentang politik dan pemerintahan. Dalam acara sosialisasi visi, misi dan profil lulusan, di Radio Republik Indonesia (RRI) Mataram, hari Kamis, 20 Juni 2019 yang disiarkan secara live, Ketua Prodi Pemikiran Politik Islam UIN Mataram Agus, M.Si menjelaskan bahwa Prodi PPI hadir untuk mencetak pemikir dan manajer professional di bidang politik dan pemerintahan. Lanjut Agus, kompetensi ini sangat dibutuhkan di Indonesia terlebih di NTB seiring agenda-agenda pemerintah dan pemerintah daerah untuk terus mempercepat reformasi bidang politik, pemerintahan dan birokrasi.

Kita ketahui setelah Indonesia memasuki era reformasi, politik dan pemerintahan menjadi panglima kata Agus. Beberapa indikator untuk menyebut politik dan pemerintahan sebagai indikator, Agus menjelaskan beberapa agenda yang terus bergulir, seperti penataan pemilu dan demokrasi, penataan hubungan pemerintah pusat dan daerah, penataan kelembagaan dan politik pemerintahan desa, penataan pelayanan publik, dan lain-lain.

Menurut Agus semua agenda pemerintah itu harus didukung oleh ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempuni. Dalam menjawab kebutuhan pemerintah pusat dan pemerintah daerah kata Agus, Program Studi Pemikiran Politik Islam UIN Mataram sangat diminati oleh masyarakat.

Agus menambahkan saat ini minat masyarakat untuk belajar di Prodi Pemikiran Politik Islam sangat tinggi. Setiap tahun jumlah peminatnya meningkat dan tingkat kompetisinya juga meningkat. Karena itu saya menghimbau kepada masyarakat yang ingin belajar politik dan pemerintahan untuk cepat mendaftar di UIN Mataram imbuh Agus.

Lantas apa kompetensi alumni Program Studi Pemikiran Politik Islam UIN Mataram ?. Agus menjelaskan kami ingin mencetak SDM yang handal dalam analisa pemikiran politik dan professional dalam bidang manajemen pemerintahan. Dengan begitu, alumni PPI nanti menjadi; analis politik, politisi, birokrat, dan asistensi peneliti di bidang politik dan Politik Islam. Untuk menunjang kompetensi itu, kita siapkan kurikulum yang fokus mengarah pada bidang kompetensi, ungkap Agus. (AK)

The post Prodi Pemikiran Politik Islam UIN Mataram Cetak Pemikir Politik Dan Manajer Pemerintahan Profesional appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>
http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/06/23/prodi-pemikiran-politik-islam-uin-mataram-cetak-pemikir-politik-dan-manajer-pemerintahan-profesional/feed/ 0 882
Prodi PPI UIN Mataram Siapkan Nilai Akreditasi Terbaik http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/06/17/prodi-ppi-uin-mataram-siapkan-nilai-akreditasi-terbaik/ http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/06/17/prodi-ppi-uin-mataram-siapkan-nilai-akreditasi-terbaik/#respond Mon, 17 Jun 2019 09:40:01 +0000 http://fusa.uinmataram.ac.id/?p=647 Jumat 14 Juni 2019, Prodi Pemikiran Politik Islam (PPI) Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Mataram, untuk kedua kalinya melakukan rapat pemantapan persiapan akreditasi yang dilangsungkan di ruang rapat Prodi PPI Lantai Tiga. Dalam kesempatan tersebut dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan Fakultas, mulai Dekan, Wakil Dekan, dan seluruh Dosen Prodi PPI, Kajur dan Sekjur.Baca selengkapnya tentangProdi PPI UIN Mataram Siapkan Nilai Akreditasi Terbaik[...]

The post Prodi PPI UIN Mataram Siapkan Nilai Akreditasi Terbaik appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>

Jumat 14 Juni 2019, Prodi Pemikiran Politik Islam (PPI) Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Mataram, untuk kedua kalinya melakukan rapat pemantapan persiapan akreditasi yang dilangsungkan di ruang rapat Prodi PPI Lantai Tiga. Dalam kesempatan tersebut dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan Fakultas, mulai Dekan, Wakil Dekan, dan seluruh Dosen Prodi PPI, Kajur dan Sekjur.

 

Rapat pemantapan dan evaluasi ini rutin akan dilakukan kedepan dalam upaya menyiapkan semua perangkat administrasi, dokumentasi dan semua data pendukung lainnya yang dibutuhkan dalam dokumen akreditasi. Ini terus dilakukan dalam rangka memenuhi target mendapatkan hasil akreditasi Prodi dari BAN-PT.

Dalam kesempatan yang sama, senada dengan tujuan diatas, Dekan FUSA UIN Mataram, Dr. H. Zaki, M.Pd dalam pengarahannya menyampaikan, “Bahwa untuk mendapatkan nilai akreditasi yang terbaik saat ini BAN-PT sudah menerapkan standar tinggi yang didukung dengan data serta dokmentasi yang kuat, hingga tidak ada pilihan lain selain harus kita benar-benar serius mempersiapakn dan menyiapkan data-data wajib yang dibutuhkan, apalagi saat ini BAN-PT sudah merubah standar capaian yang menjadi barometer capaian Prodi yang akan diakreditasi, yang awalnya sebanyak tujuh standar menjadi sembilan standar. Dengan demikian, ini wajib kita sipakan secara matang dan dibutuhkan kerjasama semua pihak, mulai dari unsur pimpinan, kepegawaian, dosen dan bahkan mahasiswa”.

 

Agus, M.Si, Kajur PPI selaku ketua tim persiapan akreditasi, dalam sambutannya juga memaparkan bahwa, walaupun Prodi PPI saat ini akan diakreditasi untuk pertama kali karena merupakan Prodi paling muda di UIN Mataram, tapi PPI sudah belajar banyak hal mengenai apa saja yang perlu diperhatikan dan dokumen yang perlu disiapkan jika akan mengajukan akreditasi, sehingga nilai akreditasi mendapatkan hasil yang memuaskan. Dengan demikian, saya senang dan menyambut baik dukungan penuh yang diberikan sama bapak dekan dalam rangka menyiapkan akreditasi Prodi ini, pungkasnya.

 

Selain itu, para dosen dan pegawai yg terlibat dalam persiapan akresitasi ini diminta kerjasama peran aktif yang maksimal, terutama dalam usaha untuk melengkapi data-data administrasi, data fisik yang belum lengkap, data-data tersebut juga mulai sekarang kita akan scant untuk kita jadikan bank data untuk PPI, atau kita akan arsip data dalam bentuk digitalisasi data, sehingga kedepan data apapun yg kota butuhkan tinggal kita buka bank data yg kita miliki, lanjutnya.

 

Dalam rapat kali ini, arahan yang disampaikan oleh bapak dekan dan kajur PPI disambut baik oleh semua dosen dan pegawai yang terlibat, sehingga semuanya berharap hasil akreditasi PPI nanti mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan semua ini dilakukan sebagai upaya sangat serius dari Fakultas dan Prodi PPI untuk menjamin kualitas lulusan dan mempersiapkan lulusan PPI yang siap berkompetisi di dunia kerja yang menguasai teori dan paraktik, yang ditunjang dan dibuktikan dengan hasil akreditasi yang memuaskan. [ihsan]

The post Prodi PPI UIN Mataram Siapkan Nilai Akreditasi Terbaik appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>
http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/06/17/prodi-ppi-uin-mataram-siapkan-nilai-akreditasi-terbaik/feed/ 0 647
Puasa tidak surutkan semangat UAS Mahasiswa FUSA http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/05/20/puasa-tidak-surutkan-semangat-uas-mahasiswa-fusa/ http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/05/20/puasa-tidak-surutkan-semangat-uas-mahasiswa-fusa/#respond Mon, 20 May 2019 13:28:35 +0000 http://fusa.uinmataram.ac.id/?p=594 Senin 20 Mei 2019 hingga lima hari kedepan, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram menyelenggarakan Ujian akhir semester (UAS). Hari ini mulai jam 08.00 wita semua Jurusan yang ada di FUSA serentak mulai melakukan UAS tersebut.  Jurusan Pemikiran Politik Islam (PPI), Ilmu qur’an dan tafsir (IQT) dan Jurusan Sosiologi Agama UIN Mataram. Pelaksanaan UASBaca selengkapnya tentangPuasa tidak surutkan semangat UAS Mahasiswa FUSA[...]

The post Puasa tidak surutkan semangat UAS Mahasiswa FUSA appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>
Senin 20 Mei 2019 hingga lima hari kedepan, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram menyelenggarakan Ujian akhir semester (UAS). Hari ini mulai jam 08.00 wita semua Jurusan yang ada di FUSA serentak mulai melakukan UAS tersebut.  Jurusan Pemikiran Politik Islam (PPI), Ilmu qur’an dan tafsir (IQT) dan Jurusan Sosiologi Agama UIN Mataram. Pelaksanaan UAS tersebut ikut dipantau langsung oleh beberapa pejabat di FUSA, salah satunya oleh wakil dekan dua bidang keuangan DR. H. Maimun, M.Pd, didampingi para Kajur, Sekjur, serta bebrapa dosen FUSA yang bertugas mengawas hari ini, dan seluruh mahasiswa FUSA yang mengikuti UAS hari ini tampak sangat senang mendapatkan pantauan langsung oleh pejabat dan dosen FUSA.

Maimun M.Pd, saat diwawancarai menjelasakan bahwa pelaksanaan UAS yang dimulai hari ini hingga lima hari kedepan merupakan satu fase yang sangat penting yang wajib dilalui oleh semua mahasiswa yang terdaftar di FUSA. Selain sebagai kewajiban yang harus dilalui untuk melalukan evaluasi akademik terhadap kemampuan dan penguasaan mahasiswa terhadap materi yang pernah diajarkan, UAS Juga memiliki arti penting dalam usaha untuk menunjukkan keseriusan dan totalitas seluruh civitas akademik yang ada di bawah FUSA dalam menjalankan salah satu tri darma perguruan tinggi tersebut serta upaya menunjukkan kekompakan seluruh elemen yang ada di FUSA. Hal ini kemudian turut diaminkan oleh para kajur dan sekjur yang mendampingi.

Untuk membuat suasana ujian lebih santai namun serius walaupun dilakukan saat suasana puasa, dosen pengawas diminta membuat susasana kelas ujian menjadi lebih santai tidak menegangkan. Lagi-lagi hal ini kemudian disambut gembira oleh para mahasiswa yang sedang mengikuti UAS, yang berlangsung di seluruh kelas FUSA yang tesedia di semua ruang kelas di lantai tiga gedung FUSA.

Ditambahkan oleh Abul Karim, M.Hum, Selaku ketua panitia pelaksanaan UAS kali ini, dia menerangkan  bahwa pelaksanaan UAS kali ini betul-betul disiapkan dengan serius mulai dari memastikan seluruh adiministrasi UAS semua tersedia dengan baik, soal UAS, lembar jawaban, absensi, berita acara dan seterusnya. Begitu juga dengan semua tenaga dosen yang akan melakukan pengawasan dipastikan informasinya dan jadwalnya harus sudah diketahui semua, sehingga UAS berjalan dengan lancar, ujarnya.

The post Puasa tidak surutkan semangat UAS Mahasiswa FUSA appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>
http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/05/20/puasa-tidak-surutkan-semangat-uas-mahasiswa-fusa/feed/ 0 594
PENGUMUMAN PERWAKILAN UIN MATARAM PADA PIONIR IX PTKIN 2019 http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/05/17/pengumuman-perwakilan-uin-mataram-pada-pionir-ix-ptkin-2019/ http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/05/17/pengumuman-perwakilan-uin-mataram-pada-pionir-ix-ptkin-2019/#respond Fri, 17 May 2019 15:34:39 +0000 http://fusa.uinmataram.ac.id/?p=570 Hasil seleksi Dewan Hakim untuk Perwakilan UIN Mataram pada PIONIR IX PTKIN Tahun 2019 dapat di download melalui link di bawah ini : Download Bagi nama peserta yang lolos seleksi diharapkan kehadirannya pada : Hari / Tanggal : Sabtu, 18 Mei 2019 Waktu : 09.00 WITA Tempat : Ruang Sidang Rektor Pakaian : Bebas RapiBaca selengkapnya tentangPENGUMUMAN PERWAKILAN UIN MATARAM PADA PIONIR IX PTKIN 2019[...]

The post PENGUMUMAN PERWAKILAN UIN MATARAM PADA PIONIR IX PTKIN 2019 appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>
Hasil seleksi Dewan Hakim untuk Perwakilan UIN Mataram pada PIONIR IX PTKIN Tahun 2019 dapat di download melalui link di bawah ini :

Download

Bagi nama peserta yang lolos seleksi diharapkan kehadirannya pada :

Hari / Tanggal : Sabtu, 18 Mei 2019

Waktu : 09.00 WITA

Tempat : Ruang Sidang Rektor

Pakaian : Bebas Rapi dengan Almamater

The post PENGUMUMAN PERWAKILAN UIN MATARAM PADA PIONIR IX PTKIN 2019 appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>
http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/05/17/pengumuman-perwakilan-uin-mataram-pada-pionir-ix-ptkin-2019/feed/ 0 570
Mahasiswa Sosiologi Agama Ngabuburit Bersama Lakpesdam Dan Korban Tindak Kekerasan http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/05/13/mahasiswa-sosiologi-agama-ngabuburit-bersama-lakpesdam-dan-korban-tindak-kekerasan/ http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/05/13/mahasiswa-sosiologi-agama-ngabuburit-bersama-lakpesdam-dan-korban-tindak-kekerasan/#respond Mon, 13 May 2019 08:59:08 +0000 http://fusa.uinmataram.ac.id/?p=599 Mataram 12 Mei 2019, mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama (SA) belajar teknik pendampingan korban kekerasan di Lakpesdam NU Kota Mataram. Perlunya Mahasiswa SA mempelajari hal tersebut dikarenakan akhir-akhir ini sering terjadi tindak kekerasan yang mengatasnamakan agama. Kegiatan yang dilakukan pada hari minggu ini diikuti oleh mahasiswa dilingkungan Fakultas Usluhuddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Mataram.Baca selengkapnya tentangMahasiswa Sosiologi Agama Ngabuburit Bersama Lakpesdam Dan Korban Tindak Kekerasan[...]

The post Mahasiswa Sosiologi Agama Ngabuburit Bersama Lakpesdam Dan Korban Tindak Kekerasan appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>

Mataram 12 Mei 2019, mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama (SA) belajar teknik pendampingan korban kekerasan di Lakpesdam NU Kota Mataram. Perlunya Mahasiswa SA mempelajari hal tersebut dikarenakan akhir-akhir ini sering terjadi tindak kekerasan yang mengatasnamakan agama. Kegiatan yang dilakukan pada hari minggu ini diikuti oleh mahasiswa dilingkungan Fakultas Usluhuddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Mataram.

Menurut Jayadi Ketua Lakpesdam Kota Mataram mengatakan Prodi SA UIN Mataram membangun kerjasama praktek pendampingan ini sangat membantu untuk membangun ide,  wacana baru dalam perspektif sosiologi. Selain itu juga, Jayadi menambahkan bahwa Lakpesdam Kota Mataram sangat berpengalaman dalam melakukan pendampingan khsusunya kekerasan yang mengatasnamakan agama. Tim pendamping Lakpesdam Kota Mataram mengajak seluruh mahasiswa SA untuk bertemu dan berinteraksi langsung dengan korban sehingga mahasiswa mengetahui dampak-dampak dari kekerasan tersebut.

Dalam kegiatan ini, Mahasiswa sangat antusias mengikutinya, terlihat dari aktifnya mahasiswa berkomunikasi dengan korban terkait kronologis kekerasan yang korban alami. Misla’ah salah satu mahasiswa mengaku merasa prihatin dengan kondisi yang diamali korban, disebabkan perbedaan cara pandang dalam memahami agama, mengakibatkan mereka harus tersisih dari pergaulan sosial.

Murdianto, M.Si Ketua Prodi SA mengakui bahwa, praktek pendampingan langsung seperti ini sangat perlu dilakukan oleh generasi muda, terutama mahasiswa sebagai agen perubahan yang kedepannya diharapakan sebagai pelopor dalam mengatasi aksi kekerasan. Prodi Sosiologi Agama FUSA UIN Mataram khususnya akan terus melakukan kajian dan praktek pendampingan serta mensosialisasikan pada masyarakat tentang bahayanya melakukan tindakan kekerasan terutama yang mengatasnamakan agama.*Baiquyun

The post Mahasiswa Sosiologi Agama Ngabuburit Bersama Lakpesdam Dan Korban Tindak Kekerasan appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>
http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/05/13/mahasiswa-sosiologi-agama-ngabuburit-bersama-lakpesdam-dan-korban-tindak-kekerasan/feed/ 0 599
FAKULTAS USHULUDDIN TINGKATKAN KOMPETENSI DOSEN http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/05/06/fakultas-ushuluddin-tingkatkan-kompetensi-dosen/ http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/05/06/fakultas-ushuluddin-tingkatkan-kompetensi-dosen/#respond Mon, 06 May 2019 10:38:08 +0000 http://fusa.uinmataram.ac.id/?p=536 Sabtu 4 Mei, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Mataram mengadakan kegiatan Pengembangan Kompetensi untuk Dosen dilingkungan FUSA berlangsung di Lesehan Taliwang Nada, dihadiri Dekan, Wakil Dekan (WD) I, II dan III, ketua jurusan (kajur), Sekretaris jurusan (sekjur) Program Studi Sosiologi Agama (SA), Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IQT) dan Pemikiran Politik Islam (PPI) sertaBaca selengkapnya tentangFAKULTAS USHULUDDIN TINGKATKAN KOMPETENSI DOSEN[...]

The post FAKULTAS USHULUDDIN TINGKATKAN KOMPETENSI DOSEN appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>

Sabtu 4 Mei, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Mataram mengadakan kegiatan Pengembangan Kompetensi untuk Dosen dilingkungan FUSA berlangsung di Lesehan Taliwang Nada, dihadiri Dekan, Wakil Dekan (WD) I, II dan III, ketua jurusan (kajur), Sekretaris jurusan (sekjur) Program Studi Sosiologi Agama (SA), Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IQT) dan Pemikiran Politik Islam (PPI) serta seluruh dosen FUSA.

Dr. M. Zaki, M.Pd Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama dalam sambutannya menjelaskan bahwa “Dosen dilingkungan FUSA sebagai cendikia, memiliki keungulan dan terbuka dibidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi”. Sehingga para dosen dilingkungan FUSA hendak memahami serta melaksanakan tujuan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut. Oleh karena itu seluruh dosen dilingkungan FUSA mengikuti kegiatan Pengembangan Kompetensi Dosen FUSA untuk pengembangan Silabus mata kuliah menuju mutu proses perkuliahan. Dalam hal ini, dilaksanakan di Lesehan Taliwang Nada, Cakranegara Kota Mataram Nusa Tenggara Barat.

Ditambahkan oleh WD I Dr. Abdul Fattah, M.Pd, bahwa dengan adanya Pengembangan Kompetensi Dosen, diharapkan dapat mengembangkan silabus mata kuliah menuju mutu proses perkuliahan Industri 4.0 berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selain itu, dengan kegiatan Pengembangan Kompetensi Dosen FUSA di Lesehan Taliwang Nada ini dapat mengembangkan potensi dengan keahlian dibidang masing-masing tentunya sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan  pengabdian kepada masyarakat.

Saat ini, FUSA merupakan fakultas muda yang terdiri dari tiga Program Studi yakni SA, IQT dan PPI yang relatif baru, hal ini memerlukan tenaga ahli (dosen) yang memiliki kompetensi lulusan berbasis interdisipliner di bidang agama, filsafat, ilmu sosial dan politik.*Suparman

The post FAKULTAS USHULUDDIN TINGKATKAN KOMPETENSI DOSEN appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>
http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/05/06/fakultas-ushuluddin-tingkatkan-kompetensi-dosen/feed/ 0 536
Jadwal untuk seleksi kontingen PIONIR IX http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/05/03/jadwal-untuk-seleksi-kontingen-uin-mataram/ http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/05/03/jadwal-untuk-seleksi-kontingen-uin-mataram/#respond Fri, 03 May 2019 10:21:28 +0000 http://fusa.uinmataram.ac.id/?p=516 Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Sehubungan dengan telah berakhirnya pendaftaran untuk calon kontingen perwakilan fakultas, maka dengan ini kami sampaikan jadwal untuk seleksi kontingen UIN Mataram beserta dengan Dewan Hakim pada cabang pertandingan sebagaimana terlampir. Demikian dan atas kerjasamanya disampaikan ucapan terima kasih. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Mataram, Mei 2019 Wakil Rektor III, ttd Dr. Hj. Nurul Yakin,Baca selengkapnya tentangJadwal untuk seleksi kontingen PIONIR IX[...]

The post Jadwal untuk seleksi kontingen PIONIR IX appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Sehubungan dengan telah berakhirnya pendaftaran untuk calon kontingen perwakilan fakultas, maka dengan ini kami sampaikan jadwal untuk seleksi kontingen UIN Mataram beserta dengan Dewan Hakim pada cabang pertandingan sebagaimana terlampir.
Demikian dan atas kerjasamanya disampaikan ucapan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Mataram, Mei 2019
Wakil Rektor III,

ttd
Dr. Hj. Nurul Yakin, M.Pd
NIP 196412311991032006

 

download jadwal seleksi (PDF)

The post Jadwal untuk seleksi kontingen PIONIR IX appeared first on Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

]]>
http://fusa.uinmataram.ac.id/2019/05/03/jadwal-untuk-seleksi-kontingen-uin-mataram/feed/ 0 516