Prodi PPI UIN Mataram Gelar Seminar International

Jum’at 28 Juni 2019, Prodi Pemikiran Politik Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram menyelenggarakan Seminar International di ruang sidang Rektorat. Seminar International kali ini menghadirkan keynote speaker dari Negara paman sam Amerika Serikat, Prof. Pieternella Van Doorn Harder, dari Wake Forest University USA. Seminar yang mengangkat tema Religion and Politics in Indonesia and the US, a Comparative Perspective, ini dihadiri hampir seratusan peserta yang barasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Acara bergengsi tersebut banyak dihadiri oleh pejabat teras kampus dan fakultas, hadir diantaranya Wakil Rektor Tiga UIN Mataram, mewakili rektor yang kebetulan berhalangan hadir karena sedang tugas luar daerah, Dr. Nurul Yakin, M.Pd, selaku Wakil Rektor dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan, bahwa acara-acara seminar dan symposium semacam ini sangat didukung penuh untuk terus dilaksanakan, selain strategis sebagai wadah dialektika interaksi keilmuan dengan dunia internasional yang membuat bisa berbagai pandangan secara akademis juga forum semacam ini dapat menjadi wadah strategis untuk membangun networking intenational untuk kerjasama riset dan pertukaran mahasiswa. Oleh sebab itu, beliau berharap semua pesarta yang hadir dapat mengikuti kegiatan dengan baik, terutama bagi para dosen UIN Mataram yang menjadi peserta seminar saat itu. Dalam kesempatan tersebut juga hadir, Wakil Dekan dan Ketua Prodi PPI menjadi peserta sekaligus mendampingi Wakil Rektor dalam membuka acara.

Harapan yang sama, juga disampaikan oleh Dr. Abdul Fattah, M,Fil, sekaligus wakil dekan satu dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa acara seperti ini akan terus dilakukan kedepan untuk memperkuat budaya akademik dan interaksi dengan dunia internasional, sehingga wacana keilmuan yang dimiliki oleh dosen dan mahasiswa menjadi berwawasan dan berorientasi global. Selain itu, acara ini juga urgen dalam rangka memperkuat kemampuan bahasa asing bagi semua civitas akademik di fakultas dan jurusan, tandasnya.

Lebih lanjut pada kesempatan tersebut, keynote speaker yang juga pakar sosiolog tersebut menyampaikan bebrapa entry point yang menjadi catatan untuk dapat diperhatikan atau dikaji lebih mendalam. Diantaranya tidak selamanya Amerika Serikat dapat menjadi poros dan wajah ideal demokrasi di dunia saat ini. Ia menilai demokrasi mulai menurun disana dengan berbagai indikator penilaian, terutama pada masa era pemerintahan Presiden Donal Trump. Lebih lanjut, masalah tersebut ia istilahkan sebagai, “Democratic Erosion”. Sembari menyayangkan hal tersebut, ia juga menyinggung intervensi golongan Kristen Konservatif di pemerintahan Presiden Donal Trump yang terkadang sangat mempengaruhi beberapa kebijakan dalam pemerintahannya, diantaranya misalnya dalam kebijakan mengenai asuransi kesehatan yang dinilai mahal dan membebankan masyarakat disana. Sehingga hal ini dapat kita nilai sebagai upaya dalam melanggengkan Praktik oligarki otokrasi, lebih jauh hal tersebut dalam tataran implementatif kemudian dinggap juga sebagai bagian dari bentuk kekacauan pelayanan publik, sehingga pada akhirnya nanti bisa berdampak paling parah pada kemungkinan berubahnya sistem pemilihan presiden “Electoral Collage”, tandasanya. (Ih).

(Visited 76 times, 1 visits today)

2 thoughts on “Prodi PPI UIN Mataram Gelar Seminar International

  1. Assalamualaikum selamat sore
    Yang terhormat bapak ibu
    Salam PPI
    Integritas integritas ,Profesional profesional ,luar Biasa.
    Langsung saja bapak ibu alangkah semakin baiknya Bahwa seminar tersebut juga di ikuti oleh Para mahasiswa PPI ,agar pengetahuan yang kami dapatkan semakin banyak dan dapat menambah wawasan kami.kami harap PPI ke depan nya lebih Eksis lagi, menjadi jurusan yang banyak di minati bukan di takuti, atau bisa saja bapak ibu kita mengadakan sosialisasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *