PRODI PPI UIN MATARAM REVISI KURIKULUM SESUAI TUNTUTAN ZAMAN DAN PASAR KERJA YANG BERBASIS KKNI

brosur fusa

Selasa 25 Juni 2019, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram melakukan kegiatan Review dan Revisi Kurikulum  KKNI dan PTKIN, acara tersebut langung dibuka oleh rektor UIN Mataram Prof. Dr. Mutawali, M.Ag dan di hadiri oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Dr. H. M. Zaki, M.Pd beserta, Wakil Dekan I Dr. Abdul Fattah, M. Fill.I. , Wakil Dekan II Dr. Maimun, M.Pd. dan Wakil Dekan III Dr. H. S. Ali Jadid Al Idrus, M.Pd. beserta Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi dan dihadiri oleh dosen Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama yang terdiri dari tiga Program Studi yaitu IQT (Ilmu Qur’an dan Tafsir), SA (Sosiologi Agama) dan PPI (Pemikiran Politik Islam).

Dalam pembukaannya Rektor UIN Mataram Prof. Dr. Mutawali, M.Ag. mengungkapkan apresiasi dan dukungannya kepada Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama hal ini dikarenakan kemampuan fakultas yang tergolong baru ini, karena fakultas yang berdiri sejak tahun 2017 dalam pengembangan pendidikan tergolong berhasil, ini terlihat dari berbagai perestasi yang diperoleh oleh mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama. Semua ini tidak terlepas dari keseriusan lembaga dan dedikasi dosen yang mengajar di fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

Pada kesempatan yang sama, dalam sambutannya Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Dr. H. M. Zaki, M.Pd mengungkapkan bahwa kegiatan semacam ini yaitu revie dan revisi kurikulum sangat penting dikarenakan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama masih relatif sangat baru dibandingkan dengan Fakultas lainnya di UIN Mataram sehingga dibutuhkan kurikulum yang relevan sesuai dengan kebutuhan zaman saat ini dan kedepannya. Oleh karena itu, Dr. H. M. Zaki, M.Pd berharap supaya pembangunan gedung fakultas baru di kampus II UIN Mataram yang terletak di Jl. Gajah Mada segera rampung dan bisa di tempati untuk kegiatan perkuliahan pada tahun 2020. Jika pada tahun 2020 gedung Fakultas Ushuluddi dan Studi Agama rampung Dr. H. M. Zaki, M.Pd. berharap peresmiannya dilakukan langsung oleh Rektor UIN Mataram Prof. Dr. Mutawali, M.Ag.

Sedangkan Wakil Dekan I Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Dr. Abdul Fattah, M. Fill.I. dalam memberikan pengantar kuriklum KKNI menyampaikan fokus rambu-rabu kurikulum yang mengacu KKNI sesuai dengan kebijakan pemerintah harus meliputi tujuh aspek, yaitu: learning outcomes, jumlah SKS, jumlah studi minimum, matakuliah wajib: untuk mencapai hasil pembelajaran dengan kompetensi umum, proses pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, akuntabilitas asesmen, dan perlunya diploma suplement (surat keterangan pendamping ijazah dan transkrip.

Pada Kesempatannya Ketua Program Studi PPI (Pemikiran Politik Islam) Agus, M.Si. menyampaikan dalam materi persentasi kurikulum berbasis KKNI, program studi PPI di desain untuk menjawab kebutuhan (market needs), sehingga nantinya profil lulusan dari PPI memiliki keahliah dalam bidang yang sesuai seperti halnya: pertama, menjadi praktisi politik islam yaitu menjadi politisi dan birokrat profesional dalam mengelola lembaga politik dan pemerintahan dengan mengintegrasikan Pemikiran Politik Islam dengan Ilmu Politik. Kedua, sebagai Analis Politik Islam yaitu mampu menggunakan teori dan ilmu politik dalam menjelaskan dinamika politik Islam. Ketiga, sebagai Asisten Peneliti Politik dan Pemerintahan yaitu mampu mendesain dan melakukan penelitian di bidang politik dan pemerintahan.

Selain itu, Agus, M.Si. menyampaikan bahwa kuliah di PPI memberikan nuansa yang berbeda dari program studi politik pada umumnya, karena melaui kurikulum berbasis KKNI mahasiswa yang belajar di Prodi PPI bisa mendapatkan sesuatu yang lebih, karena matakuliah yang diberikan sesuai dengan kebutuhan zaman (market needs) bagi lulusannya. Ini bisa dilihat dari matakuliah yang ditwarkan pada prodi PPI yaitu adanya mata kuliah-mata kuliah  yang di ajarkan di prodi politik pada umumnya dan adanya mata kuliah-mata kuliah politik islam tentunya, ini semua menjadi khazanah keilmuan yang sangat baik dan memiliki peluang yang cukup bagus untuk lulusan PPI nantinya sesuai dengan tiga profil lulusan tersebut.  (IH&VW).

(Visited 42 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *