PRODI SOSIOLOGI AGAMA MEMBIDIK PARIWISATA LOMBOK TENGAH

Kamis 25 April, Jurusan Sosiologi Agama (SA) Mataram mengadakan kegiatan pembekalan praktikum Sosiologi Wisata berlangsung di gedung perkuliahan SA Lt. 3, dihadiri kepala jurusan (kajur) Sosiologi Agama, Sekretaris jurusan (sekjur) serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan seluruh mahasiswa SA yang sedang mengambil mata kuliah Sosiologi Wisata tersebut.

Menurut Murdianto, M.Si kajur SA dalam sambutannya “Mata kuliah ini sangat urgent bagi mahasiswa SA, karena dipersiapkan untuk menjawab tantangan Industri 4.0 saat ini Lombok Nusa Tenggara Barat menjadi sorotan para investor dibidang sektor pariwisata yang dapat berkontribusi bagi perekonomian”. Sehingga mahasiswa SA hendak memahami baik secara teoritik maupun praktik dilapangan terkait perkembangan pariwisata, ekonomi serta teknologi dan informasi. Oleh karena itu seluruh mahasiswa SA wajib mengambil mata kuliah tersebut untuk mengikuti praktikum mata kuliah di tempat wisata atau desa wisata yang relevan dengan materi-materi mata kuliah yang telah dipelajari di kelas. Dalam hal ini, jurusan SA mengarahkan mahasiswa mengikuti praktikum di desa Mas-Mas Kecamatan Batu Kliang Utara Lombok Tengah.

Ditambahkan oleh Sekjur SA Dr. Nuruddin M.Si, bahwa dengan adanya pebekalan dilakukan sebelum praktik di lapangan, diharapkan mahasiswa dapat memahami prosedur secara teknis sebelum turun di lapangan dan siap secara mental.

Selain itu, dengan kegiatan praktikum di Desa Mas-mas ini dapat beripikir terbuka dengan cara pandang baru dalam menganalisis pariwisata. Output Jurusan SA nantinya melahirkan  akademisi, praktisi yang dapat bekerja di lembaga pemerintahan, swasta, maupun LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat).

Saat ini, Pemerintah Lombok Tengah memerlukan tenaga ahli yang memiliki kompetensi lulusan yang berbasis interdisipliner di bidang pariwisata. Oleh karena itu mahasiswa jurusan SA menjadi peluang besar untuk mengisi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang tersebut.

*Suparman jayadi

(Visited 12 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *