Tingkatkan kompetensi Mahasiswa Prodi PPI gelar pembekalan praktikum

Selasa 23 dan Kamis 25 April, Jurusan Pemikiran Politik Islam (PPI) UIN Mataram mengadakan kegiatan pembekalan praktikum untuk Mata kuliah Tata Kelola Pemilu dan Birokrasi Indonesia, yang dilangsungkan di gedung kuliah Jurusan PPI Lt. 3, dihadiri oleh seluruh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Kajur dan Sekjur, serta seluruh mahasiswa PPI yang sedang mengambil dua Mata Kuliah tersebut.

Agus, M.Si, Kajur PPI dalam sambutannya memaparkan bahwa jurusan ini disiapkan untuk menjawab tantangan di Era Revolusi Industri 4.0 terutama tenaga terampil yang memahami dinamika politik dan sosial. Maka wajib bagi mahasiswa PPI menguasai materi-materi yang bersifat teoritis sekaligus juga pada saat yang sama harus siap mengimplementasikannya di lapangan.

Untuk memperkuat dua hal tersebut maka seluruh mahasiswa PPI yang mengambil dua mata kuliah diatas kita wajibkan untuk mengikuti praktikum mata kuliah di instansi atau lembaga yang relevan memiliki tugas dan fungsi yang sama seperti materi yang dipelajari dalam mata kuliah tersebut. Dalam hal ini, kita dari jurusan mengarahkan mahasiswa mengikuti praktikum di Kantor KPU Propinsi dan kota, Bawaslu Propinsi dan kota, serta di beberapa kantor camat dan KUA, tandasnya.

Ditambahkan oleh Sekjur PPI Abul Karim, M.Hum, bahwa adanya pembekalan yang dilakukan sebelum praktikum, diharapkan menjadikan mahasiswa menjadi lebih paham dan mengerti terhadap pentingnya praktikum tersebut, serta membekali mahasiswa dengan berbagai informasi terkait dengan tugas pokok yg dilakukan nanti saat sudah berada dilokasi praktikum, sehingga mahasiswa menjadi lebih siap secara mental dan teknis, ujarnya.

Selain itu, dengan praktikum di lembaga dan instansi politik dan pemerintahan ini diharapkan semakin membuka pikiran bagi mahasiswa bahwa jurusan PPI nantinya tidak hanya bisa menjadi akademisi juga sekaligus bisa menjadi Politisi yg berkerja di lembaga politik dan pemerintahan tersebut.

Semua ini dilakukan sebagai upaya serius dari jurusan PPI untuk menjamin kualitas lulusan dan mempersiapkan lulusan PPI yang siap berkompetisi di dunia kerja yang menguasai teori dan praktik

(Visited 12 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *