Kepedulian Mahasiswa Sosiologi Agama (SA) Terhadap Kekerasan Berbasis Agama Di Lombok

Senin 1 April, Program Studi Sosiologi Agama (SA) UIN Mataram bekerjasama dengan LAKPESDAM NU Kota Mataram mengadakan seminar pendampingan masyarakat korban kekerasan dan diskrimiasi berbasis agama di Lesehan Elen Rembiga Kecamatan Selaparang Kota Mataram, dihadiri Ketua Jurusan (kajur) SA, anggota LAKPESDAM NU Kota Mataram dan mahasiswa SA.

Menurut Murdianto, M.Si sebagai Ketua Jurusan (Kajur) SA UIN Mataram mengatakan bahwa “kegiatan praktek pendampingan ini sangat penting dilakukan sebagai pengayaan pasca pemberian materi kuliah yang telah mahasiswa dapatkan di bangku kuliah”. Pendampingan sebagai suatu interaksi secara terus menerus antara pendamping dengan

masyarakat yang bertujuan untuk mencapai target bersama yang diinginkan. Pendampingan terhadap korban kekerasan yang mengatasnamakan agama merupakan salah satu pendampingan yang harus diperhatikan terutama oleh mahasiswa SA. Hal inilah yang mendorong Prodi SA menjalin kerjasama dengan LAKPESDAM NU Kota Mataram yang sudah berpengalaman secara nasional dalam proses pendampingan secara langsung pada korban kekerasan di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan yang bertemakan ‘’Pendampingan Masyarakat korban kekerasan dan diskriminasi berbasis agama dengan pendekatan inklusi sosial’’  berlangsung semarak dan disambut meriah oleh 70 peserta yang keseluruhannya adalah Mahasiswa dan Mahasiswi Prodi SA, IQT, PPI dan Prodi lainnya dilingkungan UIN Mataram.

Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagi mahasiswa, untuk bias melihat realita yang terjadi di lapangan dan bias merelevansikan dengan ilmu pengetahuan yang didapatkan di dalam kelas. melalui seminar ini diharapakan menjadi langkah awal untuk mempersiapkan sarjana-sarjana sosial agama yang handal. *Redaksi

(Visited 16 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *