Tingkatkan Kapasitas Dosen, ini Trik UIN Mataram…

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram berupaya memperkuat sumber daya manusia (SDM) di kalangan pendidik dalam spesifikasi publikasi penelitian yang mengedepankan pengabdian pada masyarakat.

Berbicara di hadapan seratus dosen yang hadir, Jum’at (23/2), Ketua LP2M UIN Mataram Dr. H. Nazar Na’amy, M.Si. mengungkapkan, kapasitas penelitian UIN Mataram belum mencapai setengah dari persentase dalam hal keseriusan dalam meneliti.

Sehingga workshop yang digelar selama dua hari, mulai jumat (22/2) sangat urgen dilakukan guna penguatan kapasitas.

“Penelitian dosen hanya sebagian yang benar-benar serius, yang sesuai dengan standar dan pedoman penelitian, masih di angka 30 persen,” ungkap Dr. Nazar.

Menurutnya, alasan itulah yang menjadi dasar sehingga perlu dilakukan pengembangan kapasitas tulisan dosen di UIN Mataram.

“Berangkat dari hal itu kita desain workshop ini, dan menjadi suatu langkah strategis,” ujarnya.

Pada kesempatannya, Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. H. Masnun Tahir. MA. menyoroti basis kemasyarakatan yang diangkat dalam penelitian, tentunya diharapkan terpublikasi dan tersertifikasi. Hal itu mengingat keberadaan UIN Mataram adalah kiblat ilmu pengetahuan.

“UIN Mataram adalah kiblat ilmu pengetahuan, sehingga 10 persen saja publikasinya yang terakreditasi, akan mengamankan kebijakan termasuk penganggaran,” ungkapnya.

Tentunya tuntutan tersebut, lanjut Dr. Masnun, bukan berarti publikasi menjadi jalan pintas dalam meneliti dan mengabdi pada masyarakat.

“Jangan sampai penelitian untuk mencari penemuan malah berujung menjadi temuan,” tegasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, pertanggungjawaban dalam bentuk laporan penelitian, juga tidak kalah penting dan menjadi suatu keharusan. Karena itu terkait dengan anggaran penelitian yang disediakan bagi peneliti.

“Bukti-bukti yang menjadi laporan akademik harus bisa dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *