FUSA UIN Mataram Gelar Porseni 2018, Puluhan Mahasiswa Terima Beasiswa YBM PLN

Sebanyak 25 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Kamis (22/11), diberikan beasiswa oleh Yayasan Baitul Mal (YBM) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Nusa Tenggara Barat (NTB). Ke-25 mahasiswa tersebut merupakan hafidz dan hafidzah yang terseleksi melalui ajang Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Mahasiswa 2018, yang digelar Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Mataram.
Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Mutawalli, M.Ag. memberikan apresiasi tersendiri kepada civitas akademika FUSA, yang telah sukses menyelenggarakan even Porseni Mahasiswa 2018.
“Teruslah berkarya, jangan lupa luruskan niat,” kata Rektor Mutawalli dalam sambutannya.
Selain itu, lanjutnya, mahasiswa sebagai agen perubahan yang tafaqquh fiddiin, diharapkan senantiasa menguatkan tekad demi masa depan.
“Kuatkan tekad, karena masa depan agama, bangsa, dan masyarakat ada di tangan kalian. Raihlah prestasi sebagai bentuk investasi dan kompetensi,” jelasnya.
Sementara itu, Sekretaris Panitia Porseni Mahasiswa UIN Mataram 2018 Agus, M.Si. menyampaikan, semua kegiatan yang digelar dalam even ini disesuaikan dengan kompetensi jurusan masing-masing.
“Namun yang lebih menarik, peta potesi mahasiswa tersebar merata di masing masing jurusan lain juga, dan ini sebuah keragaman potensi besar yang dimiliki Fakultas Usuluddin dan Studi Agama,” ujarnya.
Dikatakan, penutupan even yang dihelat di Aula Pasca Sarjana UIN Mataram itu, dirangkai dengan seminar yang mengambil tema “Al-Qur’an, Manusia dan Politik Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW”.
Selain itu, dalam kesempatan yang sama juga dilakukan peluncuran buku karya mahasiswa. Sementara dari pihak Senat Mahasiswa (SEMA) FUSA memberikan penghargaan kepada beberapa pejabat, diantaranya Rektor UIN Mataram sebagai tokoh inspiratif dan Dekan FUSA sebagai tokoh motivator.
Untuk diketahui, beberapa kegiatan yang digelar selama even Porseni Mahasiswa 2018 yang berlangsung mulai tanggal 16 November itu, diantaranya di bidang olahraga seperti jalan sehat, pertandingan badminton, futsal, dan catur.
Wakil Dekan FUSA UIN Mataram Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Dr. H. S. Ali Jadid Al Idrus, M.Pd. yang ditemui kicknews.today di sela rangkaian kegiatan menyampaikan, dalam ajang Porseni ini pihaknya ingin menyuguhkan sesuatu yang berbeda.

“Sebagai fakultas termuda di UIN Mataram kami ingin kegiatan ini tidak kalah dengan kegiatan fakultas-fakultas lainnya. Dimana dalam seminar kami datangkan para ahli seperti GM Telkom NTB, KPU dan Bawaslu serta Wakapolda NTB,” ungkapnya.
Tidak hanya itu, lanjut Ali Jadid, even ini juga akan diisi dengan workshop dan beberapa mata lomba seperti penulisan artikel, lomba penulisan opini, dan lomba debat politik. Selain itu juga ada perlombaan bernuansa Islami diantaranya lomba tahfidz, qiro’ah, dan kaligrafi hingga lomba vokalis lagu-lagu Islami.
“Untuk kegiatan training kita adakan workshop jurnalistik dan broadcasting dengan tema ‘Bersinergi Mencetak Jurnalis Muda’, yang pematerinya nantinya sengaja kita datangkan dari media pemberitaan online yang referesentatif yang ada di NTB,” ujarnya beberapa waktu lalu.
Lebih lanjut dikatakan, dalam even Porseni itu juara umum diraih Jurusan Ilmu Quran dan Tafsir. Sedangkan untuk kategori Jurusan Teraktif dinobatkan kepada Jurusan Pemikiran Politik Islam dan Jurusan Sosiologi Agama meraih predikat Jurusan Inspiratif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *